Sabtu, 01 Oktober 2011

RENCANA KEPENGAWASAN AKADEMIK


RENCANA KEPENGAWASAN AKADEMIK

A.    FOKUS MASALAH
Pembinaan standart penilaian hasil pembelajaran guru dengan penyusunan instrumen penilaian hasil pembelajaran.
     
B.     TUJUAN
Adapun tujuan dari pengawasan akademik ini adalah untuk membantu Guru agar :
1.      Mampu menyusun instrumen penilaian hasil pembelajaran secara mandiri
2.      Mampu menganalisis hasil penilaian terhadap hasil pembelajaran
3.      Mampu mengupayakan tindak lanjut dari hasil analisisnya

C.     INDIKATOR KEBERHASILAN
a.       Tersusunnya instrumen penilaian hasil pembelajaran dengan baik
b.      Tercapainya penilaian hasil pembelajaran dengan menurunnya tingkat permasalahan siswa dan optimalnya keterlaksanaan  semua pembelajaran.
c.       Terwujudnya pelaksanaan tindak lanjut dari hasil analisis penilaian guna peningkatan pembelajaran

D.    METODE / TEKNIK
1.      Pembinaan dan pemantauan secara berkala dan terus menerus
2.      Pembinaan dan penilaian (supervisi) dengan menggunakan instrumen standar
3.      Untuk mengetahui tingkat pencapaian penilaian hasil yang telah direncanakan, maka dilakukan monitoring dan evaluasi program.
4.      Workshop
5.      Group Conference (Team Work)

E.     SKENARIO KEGIATAN
1.      Pertemuan awal
a.       Melaksanakan koordinasi dengan kepala sekolah dan seluruh personil guru di sekolah
b.      Melaksanakan sosialisasi program yang akan dilakukan
c.       Menyiapkan sarana pendukung yang diperlukan dalam kegiatan sosialisasi program
d.      Menetapkan jadwal kegiatan-kegiatan dalam pelaksanaan program
2.      Kegiatan inti
a.       Melaksanakan sosialisasi terkait dengan penyusunan instrumen penilaian hasil pembelajaran yang di presentasikan, yang kemudian diikuti dengan workshop (diskusi) yang melibatkan semua guru
b.      Guru dibagi menjadi 3 kelompok yang terdiri dari tim penyusun instrumen penilaian hasil pembelajaran untuk kelas VII, VIII, dan IX
c.       Masing-masing kelompok merancang dan menyusun instrumen penilaian hasil pembelajaran pelaksanaan program Guru dari hasil diskusi bersama
d.      Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
e.       Pembahasan hasil presentasi bersama-sama.

3.      Kegiatan penutup
a.       Mempresentasikan hasil workshop masing-masing kelompok
b.      Merumuskan kesimpulan hasil diskusi yang telah dibahas bersama untuk ditindaklanjuti menjadi instrumen penilaian hasil pelaksanaan program Guru.

F.      SUMBER DAYA
1.      Panduan penyusunan instrumen penilaian hasil pembelajaran Guru
2.      Powerpoint standar instrumen penilaian
3.      Media pembelajaran (LCD proyektor, dll)
4.      Nara sumber
5.      Ruang khusus untuk pertemuan
6.      Konsumsi
7.      Sarana dan prasarana lain yang dibutuhkan

G.    PENILAIAN DAN INSTRUMEN
1.      Penilaian
Penilaian dilakukan ketika kegiatan supervisi berlangsung
2.      Instrumen
Instrumen supervisi standart penilaian hasil bimbingan konseling dengan menggunakan standar penilaian supervisi

H.    RENCANA TINDAK LANJUT
Setiap pelaksanaan program harian dilakukan penilaian hasil pembelajaran dengan menggunakan instrumen yang telah tersusun. Kemudian Pengawas menyampaikan hasil monitoring evaluasi dan supervisi sebagai refleksi serta menjadi acuan untuk tahun berikutnya.
Namun, apabila strategi-strategi yang telah direncanakan ternyata belum maksimal, maka tindak lanjut yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan program, yaitu dengan menggunakan metode-metode seperti:
1.      Bimbingan individual (membantu guru mengevaluasi diri)
2.      Supervisi klinis
3.      Pendampingan dengan pemberian contoh
Partnership

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar